Picture
Dipasaran saat ini banyak sekali yang menjual mesin fotocopy bekas,

tentu alasannya karena harga mesin fotokopi bekas jauh loebih murah daripada mesin fotocopy baru.


Sebuah hal yang wajar mengingat harga mesin fotocopy yang baru bisa mencapai puluhan atau belasan juta, padahal modal atau dana tidak mencukupi. Memang mesin fotocopy bekas merupakan solusi hemat bisnis photocopy tapi jangan sampai Anda tertipu membeli mesin fotocopy bekas yang memiliki kualitas yang buruk.

berikut ini akan saya berikan beberapa tips untuk menghindari membeli mesin fotocopy bekas yang berkualitas buruk.:

1. Kondisi Mesin
Periksa kondisi mesin secara keseluruhan dengan memperhatikan beberapa hal penting pada mesin fotocopy.

Apa saja hal penting itu ? itu?

a. Kualitas Copy
tekniknya adalah dengan melihat suatu hasil fotocopy dengan warna hitam yang blok (solid) dan latar belakang yang bersih. Dari sini kita bisa mengetahui kuwalitas Drum/fixing roller/developer dan kondisi umum dari mesin fotocopy tersebut.

b. Perhatikan Paper Jam ( kertas macet ),
caranya dengan menjalankan beberapa copy melalui semua kasets ( tempat kertas/tray ).

c. Kebersihan secara keseluruhan,
cek bagian luar dan dalam mesin dan pastikan mesin telah diservice dengan baik.

2. Garansi servis dan suku cadang
yang diberikan oleh penjual, pada umumnya para penjual mesin fotocopy bekas hanya memberikan garansi servis saja tanpa ada garansi penggantian suku cadang dalam jangka waktu tertentu. Untuk memastikan atau meyakinkan pelanggan bahwa mesin tersebut dalam kondisi layak pakai ( 85% – 90% )

3. Tingkatan kualitas Mesin Fotocopy
Mesin fotocopy bekas pada umumnya dibagi dalam kategori mesin menurut penanganan mesin tersebut, saran saya tanyakan asal usul mesin yang akan Anda beli kepada penjualnya.

akan lebih baik membeli mesin fotocopy bekas dari luar negeri di bandingkan mesin fotocopy

 
Picture
Dalam usaha bisnis photocopy centre, pengadaan mesin fotocopy sangatlah berperan penting dalam sukses atau tidaknya bisnis fotocopy itu berjalan.


Tidak sedikit orang yang membeli mesin fotocopy bekas agar mendapatkan harga yang jauh lebih murah dibandingkan membeli mesin fotocopy bekas.


Tapi apakah benar jika  menggunakan mesin fotocopy bekas untuk usaha lebih menguntungkan? yuk kita simak penjelasan berikut ini :

Mesin Fotocopy Baru Lebih Baik ?
Setiap orang pasti beranggapan jika membeli mesin fotocopy baru lebih baik, karena meskipun mahal namun tetap menguntungkan karena mesinnya dijamin tidak cepat rusak serta ada garansi remsi dan service yang terpercaya.

Namun ternyata pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar. Saat ini rata-rata pebisnis photocopy kebanyakan menggunakan mesin fotocopy bekas. Mereka lebih memilih mesin fotocopy bekas jelas karena harganya lebih murah.

Lebih Awet Mana Mesin Fotocopy Bekas atau Baru ?
Mengenai awet atau tidaknya itutergantung dari bagaimana perawatan mesin fotocopy itu sendiri. Meskipun Anda membeli mesin fotocopy baru namun tidak pintar merawatnya mesin fotocopy tersebut juga nantinya akan cepat rusak.

Biasanya pebisnis photocopy centre yang menggunakan mesin photocopy baru adalah para pebisnis yang memiliki modal besar dan telah lengkap menyediakan alat kantor, dan jenis layanan lainnya yang dapat mendukung usaha fotocopy berjalan lancar.

Keuntungan Mesin Fotocopy Bekas
Keuntungan lain dari membeli mesin fotocopy bekas adalah biasanya mesin fotocopy tersebut sudah siap pakai dan memiliki aksesoris tambahan yang telah tergabung sebelumnya. Jika membeli mesin fotocopy baru rata-rata kelengkapannya dijual terpisah.

Jika mesin fotocopy baru dapat memberikan garansi servicenya selama 1 tahun oleh penjualnya apakah mesin bekas ada jaminan garansinya?

Beberapa penjual mesin fotocopy terpercaya juga memberikan garansi terhadap mesin fotocopy bekas yang dijualnya. Bahkan ada yang memberikan garansi antara 6 sampai dengan 1 tahun masa garansi.

Kesimpulan
Jadi kesimpulannya tidak ada salahnya membeli mesin fotocopy bekas. Asalkan Anda membelinya pada toko yang menjual mesin fotocopy yang terpercaya dan telah terkenal akan kualitasnya.

Anda tidak perlu khawatir karena perusahaan yang menjual mesin fotocopy pasti telah memberikan standart mesin fotocopy yang layak untuk dipergunakan menjalankan usaha fotocopy